Prodi Pendidikan Matematika UMM Adakan Pelatihan Pemanfaatan AI untuk Penyusunan Instrumen Pembelajaran di SMK Miftahul Huda Pasuruan

Kamis, 05 Desember 2024 16:01 WIB   Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang telah mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam penyusunan instrumen pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Miftahul Huda Pasuruan dengan melibatkan Tim Pengabdian yang terdiri dari Dr. Moh. Mahfud Effendi, Drs. Hendarto Cahyono, M.Si, dan Siti Khoiruli Ummah, M.Pd. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru tentang penggunaan teknologi AI guna meningkatkan efisiensi dan kualitas penyusunan instrumen pembelajaran.


Kegiatan ini berlangsung lebih dari dua kali pertemuan, sehingga peserta mendapatkan pemahaman yang mendalam dan waktu yang cukup untuk praktik langsung. Setiap sesi pelatihan mencakup materi dasar tentang kecerdasan buatan, praktik pembuatan soal berbasis AI, serta penerapan AI untuk menganalisis kebutuhan belajar siswa. Pendekatan ini dirancang untuk memastikan bahwa guru tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu mempraktikkannya dalam proses pembelajaran di kelas.


Antusiasme para guru terlihat selama pelatihan. Mereka mengungkapkan bahwa penggunaan AI dalam pendidikan adalah inovasi yang sangat relevan dengan kebutuhan era digital saat ini. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan ruang diskusi interaktif di mana peserta dapat berbagi pengalaman dan berdiskusi tentang tantangan yang dihadapi dalam penyusunan instrumen pembelajaran secara manual. Dengan adanya pelatihan ini, para guru mendapatkan solusi praktis dan efisien yang dapat diterapkan secara langsung di kelas mereka.


Kebermanfaatan dari kegiatan ini sangat dirasakan oleh para peserta. Dengan penguasaan teknologi AI, guru dapat menyusun instrumen pembelajaran yang lebih variatif, sesuai dengan kebutuhan siswa, dan berbasis data. Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga membantu siswa lebih termotivasi karena instrumen yang disusun lebih relevan dan menarik. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat hubungan antara institusi pendidikan tinggi dan sekolah, menciptakan sinergi positif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah menengah kejuruan.


Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal yang berkelanjutan. Tim pengabdian menyampaikan bahwa pelatihan serupa akan terus dilakukan untuk membantu para pendidik mengoptimalkan teknologi dalam pembelajaran. Dengan demikian, Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang berkomitmen untuk mendukung peningkatan kompetensi guru dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Shared: